Thursday, September 5, 2013

merakit power ocl 150 watt


Belajar Merakit Power Amplifier
Seiring perkembangan jaman yang semakin maju, kita tidak lepas dari yang namanya music, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Disini saya akan berbagi ilmu mengenai cara merakit power amplifier 150 watt, power ampli ini direkomendasikan untuk digunakan di dalam ruangan (indoor).
Pertama-tama yang kita siapkan adalah:
1.      Solder
2.      Timah
3.      Kabel
-         Kabel untuk audio disarankan memakai kabel yang berisi tiga berwarna transparan atau biasa disebut kabel head.
-         Sedangkan untuk kabel arus disarankan menggunakan kabel serabut yang berkualitas bagus, biasanya berdiameter besar berisi tembaga/serabut banyak.
4.       Box amplifier
Box amplifier bisa dibeli di toko-toko elektronik di dekat rumah anda, atau bisa juga membuat sendiri dari bahan triplek.
5.      Kit power amplifier
Kit yang dipakai yaitu kit power amplifier 150 watt stereo dengan transistor final transistor jengkol. Seri 2N3055 dan pasangannya.

6.      Kit Tone control
7.      Power Suply
Terdiri dari
a.      Travo disarankan menggunakan travo minimal 5A murni
b.      Elco 10.000uf 50 volt (dua buah)
c.       Diode 4buah/ bisa juga menggunakan diode jenis kotak (diode kiprok)
Rangkaian power suply seperti dibawah ini:


8.      Speaker
a.      Speaker woofer dua buah (disarankan memakai speaker 10” kalo bisa gunakan ACR)
b.      Speaker twiter  dua buah
Box speaker disarankan untuk membeli yang sudah jadi saja.
Setelah semua alat dan bahan sudah tersedia, sambungkan kit seperti gambar di bawah ini.

Gambar skema penyambungan power amplifier
Untuk arus tone control yang 12v, kita bisa menggunakan fasilitas extra pada travo, biasanya arus tersebut 0,5 – 1 ampere 12-18volt.
Setelah semuanya terpasang dengan benar, coba cek sekali lagi apakah ada kekeliruan dalam pemasangannya apa belum. Jika sudah benar-benar yakin tidak ada kesalahan, maka kita bisa mencoba membunyikan power rakitan kita tersebut.
coba nyalakan power dengan posisi volume minimal, jangan diberi input audio dulu, kita coba dengan memegang kabel input lalu kita putar volume sedikit demi sedikit, apabila ada suara “duuuu.....ttt” berarti power rakitan tersebut sudah jadi dan berfungsi normal, setelah itu baru kita coba dengan member singnyal audio bisa dari Hp, VCD, Radio dll..
Selamat mencoba…!!

Powered by:
alfinsunrise.blogspot.com

No comments:

Post a Comment